Pendidikan berbasis masyarakat merupakan sebuah basisi pendidikan yang menekankan pada pendidikan dari masyarakat, oleh masyarakat, dan juga untuk masyarakat. Jadi konsep pendidikan tersebut adalah pendidikan yang berupaya untuk meningkatkan peran serta atau partisipasi masyarakat dalam pengelolaan pendidikan. Jadi bisa dibilang pendidikan yang dikelola oleh masyarakat dengan cara memanfaatkan fasilitas-fasilitas yang ada di lingkungan masyarakat dan juga lebih menekankan pada keterlibatan masyarakat dalam menjalankan setiap kegiatan belajar dan mengajar yang memiliki tujuan untuk menjawab berbagai kebutuhan masyarakat itu sendiri. Tujuannya diantaranya adalah untuk mewujudkan masyarakat yang terampil, cerdas, dan juga mandiri.

Apabila diuraikan, maka dari Pendidikan berbasis masyarakat ini akan didapatkan tiga buah kata yaitu pendidikan, kemudian berbasis dan juga masyarakat. Pendidikan ini dilakukan oleh masyarakat dan juga untuk masyarakat. Pendidikan sendiri dalam arti luasnya berarti pendidikan yang diselenggarakan baik formal atau di luar sekolah atau non formal dan juga pendidikan latihan atau magang yang bertujuan untuk mendapatkan keterampilan atau juga pendidikan informal yang merupakan pendidikan yang dicontohkan atau dituturkan dalam kegiatan di budaya masyarakat. Kemudian berbasis yang bisa diartikan sebagai berdasarkan/fokus kepada. Dan yang terakhir adalah masyarakat yang merupakan kelompok atau komunitas yang mereka hidup dalam satu daerah dan memiliki harapan serta dampak dari upaya pendidikan yang diselenggarakan di Indonesia meskipun berbeda status, peran dan juga tanggung jawab.

Tenaga atau lembaga pendidikan harus memiliki sebuah pertanggungjawaban terhadapat masyarakat terkait dengan pendidikan. Lembaga pendidikan yang berbasis pada masyarakat ini baik pada jalur pendidikan formal ataupun non formal bisa mendapatkan bantuan berupa bantuan teknis yang bisa berupa bantuan tenaga ahli, tenaga kependidikan atau pelatihan pendidik, subsidi dana yang berupa biaya operasi bisa berasal dari pemerintah daerah atau pemerintah, dan sumber daya lainnya yang bisa berupa tenaga  kependidikan atau pendidik atau sarana prasarana  untuk pendidikan dari pemerintah atau pemerintah daerah. Jadi, seperti itulah kira-kira penjelasan mengenai apa itu pendidikan berbasis masyarakat. Semoga bermanfaat.