Pendidikan bahasa Inggris di Indonesia adalah pendidikan sebagai sebuah pendidikan bahasa asing. Pendidikan bahasa memang cukup penting diberikan mengingat bahasa merupakan sebuah alat yang cukup penting sebagai media komunikasi. Salah satu yang juga penting untuk dipelajari selain bahasa pertama Suatu bangsa adalah bahasa asing salah satunya adalah bahasa Inggris yang menjadi bahasa internasional. Di Indonesia, bahasa Inggris ini diberikan sebagai bahasa asing yang penting dan dijadikan sebagai salah satu mata pelajaran untuk bisa menguasai beberapa skill berbahasa seperti misalnya berbicara, menulis, menyimak dan juga membaca. Seiring dengan waktu dan karena pengaruh ekonomi serta politik, kebijakan pengajaran bahasa Inggris di Indonesia sebagai bahasa asing pun berubah.

Era globalisasi sudah masuk ke Indonesia dan tentunya menuntut sumber daya manusia untuk bisa menguasai bidang iptek. Pengetahuan yang luas dan memadai tentunya akan sangat dibutuhkan sehingga manusia bisa menguasai perkembangan iptek dan memanfaatkannya untuk bisa bertahan di tengah ketatnya globalisasi ini. Dalam mengusai teknologi atau juga utnuk berinteraksi secara langsung, peran bahasa Inggris ini sangat diperlukan untuk itulah perlu dikembangkan dengan serius pendidikan bahasa Inggris di Indonesia untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusi di Indonesia ini. Sebagai saran untuk komunikasi yang global dan juga menjadi sebuah kebutuhan akademis, bahasa Inggris sudah semestinya dikuasai dengan aktif baik itu dalam lisan maupun tulisan.

Untuk mewujudkannya, mulai banyak sekolah-sekolah yang memiliki taraf internsional di Indonesia atau lebih dikenal dengan RSBI atau Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional. Hal ini dapat menunjukkan betapa pentingnya pendidikan bahasa Inggris di sekolah sehingga para siswa nantinya tidak akan menemukan kesulitan untuk bisa bersaing di kancah global terutama bagi mereka yang berkeinginan untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri. Dengan begitu para siswa akan terbiasa dengan bahasa inggris hingga pada akhirnya bisa mengikuti dengan baik proses belajar  dan mengajar dengan bahasa inggris. Dengan begitu pendidikan bahasa Inggris di Indonesia ini bisa mendukung perkembangan sumber daya manusi menjadi lebih baik.