Pendidikan bahasa Indonesia tampaknya memang harus menjadi perhatian khusus terutama diterapkan pada generasi muda penerus bangsa. Bahasa Indonesia menjadi salah satu mata pelajaran pokok di sekolah-sekolah di Indonesia namun masih sering dianggap sebagai pelajaran yang membosankan. Padalah, bahasa Indonesia ini sangat penting bagi bangsa Indonesia bahkan sudah terdapat di dalam undang-undang dan juga terdapat dalam naskah sumpah pemuda. Tanggal 2 Mei diperingati sebagai hari kelahiran dari bahasa Indonesia namun tidak jarang masih banyak orang yang belum mengetahuinya. Inilah kenapa bahasa Indonesia memang harus dijadikan sebuah prioritas untuk bisa melestarikan, mengembangkan serta meningkatkan bahasa Indonesia terutama bagi generasi muda.

Indonesia dikenal sebagai bangsa yang memiliki budaya yang beragam termasuk dalam hal bahasa. Tiap daerah di Indonesia pasti memiliki bahasa daerah yang berbeda dan biasanya digunakan oleh setiap anggota masyarakat pada komunitas daerah tersebut. Lalu bagaimana jika ada pendatang di daerah tersebut dan tidak mengetahui bahasa daerah sedangkan dibutuhkan komunikasi. Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan bangsa Indonesia memiliki peran yang cukup penting untuk berkomunikasi dimana bahasa Indonesia menjadi bahasa nasional Indonesia. Oleh karena itulah pendidikan bahasa Indonesia ini harus menjadi perhatian dan harus dilestarikan baik itu oleh para masyarakat Indonesia dan bahkan pada lembaga-lembaga pendidikan yang ada di Indonesia.

Sekolah menjadi sebuah lembaga pendidikan formal yang ada di Indonesia dan bisa menjadi tempat yang paling tepat untuk bisa mewujudkan tujuan mengembangkan, meningkatkan dan juga melestarikan bahasa Indonesia mulai dari tingkat dasar bahkan hingga ke jenjang perguruan tinggi. Sekolah juga harus mampu meningkatkan kesadaran para generasi mudah akan pentingnya bahasa Indonesia ini. Oleh karena itu, bahasa Indonesia ini menjadi salah satu mata pelajaran atau mata kuliah wajib dan pokok yang harus diikuti. Untuk bisa meningkatkan dan mengembangkan bahasa Indonesia ini, maka penitng sekali untuk menerapkan penggunaan bahasa Indonesia dengan kaidah yang benar bagi tiap lapisan masyarakat Indonesia dalam pendidikan bahasa Indonesia untuk melestarikannya.