Salah satu tokoh menginspirasi yang juga merupakan presiden ketiga RI ini memiliki riwayat hidup serta pendidikan BJ Habibie yang sayang untuk dilewatkan. Bacharuddin Jusuf Habibie atau yang akrab disapa BJ Habibie merupakan seorang tokoh yang fenomenal di Indonesia. Banyak pengalaman hidup dan prestasi yang dimilikinya yang bisa dijadikan inspirasi terutama bagi para generasi muda. BJ Habibie pernah menempuh pendidikan di luar  negeri dan bahkan bekerja di perusahaan luar negeri tepatnya di Hamburg, Jerman dan berkarir sebagai seorang wakil presiden di bidang teknologi. Pencapaian BJ Habibie ini tentunya tidak lepas dari perjuangan yang ditempuhnya terutama pendidikan yang dapat mengantarkannya hingga pada kesuksesan.

Seorang BJ Habibie pernah mengenyam pendidikan di SMAK Dago. Jika ditelusuri terus hingga ia sukses, riwayat pendidikan BJ Habibie cukup menarik dan juga dapat menginspirasi para generasi muda untuk menuntut ilmu setinggi-tingginya bahkan hingga ke negeri tetangga untuk mencapai kesuksesan. Setelah lulus dari SMAK Dago, pada tahun 1954 BJ Habibie melanjutkan studinya di Universitas Indonesia Bandung yang kini bernama ITB dan belajar teknik mesin disana. Kemudian pada tahun 1955 sampai dengan 1965, ia memilih melanjutkan studinya ke teknik penerbangan di sepsialisasi konstruksi pesawat terbang di Jerman Barat tepanya di RWTH Aachen dan mendapatkan gelar diplom ingenieur tepatnya pada tahun 1960. Kemudian pada tahun 1965, ia mendapatkan gelar doctor ingenieur dengan menyandang predikat summa cum  laude.

Selain menempuh pendidikan di Jerman, BJ Habibie juga pernah bekerja pada sebuah perusahaan penerbangan yaitu Messerschmitt-Bolkow-Blohm. Namun pada tahun 1973, atas permintaan Soeharto ia kembali ke Indonesia yang kemudian menduduki jabatan Menteri Negara Riset dan Teknologi pada tahun 1978. Pada 14 Maret 1998 sampai dengan 21 Mei, ia menjabat sebagai wakil presiden RI mendampingi presiden Soeharto kala itu yang kemudian mejadi presiden sesaat setelah presiden Soeharto mengundurkan diri dari jabatannya sebagai presiden. Tercatat, BJ Habibie menjadi wakil  presiden dan presiden Indonesia yang memilik masa jabatan terpendek. Begitulah perjalanan kehidupan dan pendidikan BJ Habibie salah seorang yang bisa dijadikan inspirasi bagi para generasi muda.