Riwayat dan sejarah pendidikan Basuki Tjahaja Purnama atau yang dikenal dengan sapaan Ahok mungkin menjadi hal yang cukup menarik untuk dibahas. Bagaimana tidak, seseorang yang sukses sebagai seorang pengusaha dan politikus ini tentu tidak lepas dari kisah perjuangan sejak awal hingga saat ini menjadi orang yang sukses dan bahkan menjadi seorang gubernur Ibukota Jakarta. Ahok merupakan seorang politikus dan juga pengusaha yang berasal dari Belitung dan pada tahun 2012 memutuskan untuk menjadi pasangan wakil gubernur Jakarta mendampingi Jokowi yang pada saat itu mereka terpilih untuk memimpin Jakarta. Setelah Jokowi memutuskan untuk mencalonkan diri sebagai Presiden RI, Ahok kemudian menggantikan posisi Jokowi sebagai presiden dan dilantik pada tanggal 19 November tahun 2014.

Ahok tidak serta merta langsung bisa menikmati menjadi politikus dan juga seorang penguasa akan tetapi pasti melewati perjalanan panjang hingga sekarang ini. Faktor pendidikan Basuki Tjahaja Purnama juga menjadi pengaruh yang cukup besar bagi karirnya saat ini. Ahok memulai pendidikannya pada tahun 1977 yang pada saat itu ia bersekolah di SDN No 3 Gantung di tanah kelahirannya yaitu di Belitung Timur. Kemudian pada tahun 1981, Ahok melanjutkan pendidikannya ke tingkat menengah di SMP 1 Gantung yang juga berada di Belitung Timur. Sedangkan untuk pendidikan tingkat atas, Ahok menempuhnya di kota Jakarta yaitu di SMA III PSKD Jakarta pada tahun 1984.

Tidak sampai disitu, Ahok melanjutkan pendidikan ke Jenjang yang lebih tinggi dan menempuh pendidikan Sarjana di Universitas Trisakti Jakarta dan mengambil jurusan Teknik Geologi pada tahun 1990. Pada tahun 1994, Ahok melanjutkan studinya di Manajemen Prasetiya Mulia di Jakarta untuk medapatkan gelar Magister Manajemen. Berawal dari situlah Ahok mulai mendirikan CV dan juga PT yang juda menjadi awal karirnya menjadi pengusaha dan mulai mengembangkan kawasan industry dan juga mulai bergabung dengan partai dan menjadi seorang politikus. Seperti itulah riwayat pendidikan Basuki Tjahaja Purnama dan perjalanan karirnya hingga saat ini.