Pendidikan berkualitas masih diupayakan untuk ditingkatkan dengan menggunakan berbagai cara. Namun begitu, kualitas pendidikan yang masih rendah masih menjadi sebuah permasalahan di dunia pendidikan. Lalu seperti apa sebenarnya pendidikan yang berkualitas itu dan seperti apa cara untuk meningkatkannya? Pendidikan bukanlah sebuah upaya yang sederhana akan tetapi merupakan sebuah kegiatan yang bersifat dinamis dan juga penuh dengan tantangan. Pendidikan menyangkut semua orang terutama para  generasi mudah penerus bangsa dan selalu menjadi fokus perhatian.

Sekolah merupakan sebuah lembaga pendidikan yang menjadi tempat dimana proses belajar dan mengajar berlangsung. Di sekolah, proses belajar dan mengajar memiliki sebuah system yang mana sifatnya adalah komplek dan juga dinamis. Sekolah memiliki sebuah tatanan yang man saling berkaitan dan bukan hanya sekedar tempat untuk berkumpulnya guru dan juga siswa. Maka dari itu, sekolah perlu memiliki sebuah system pengelolaan dimana sekolah ini mengelola sumber daya manusia yang nantinya diharapkan mampu untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas dan nantinya para lulusan ini mampu memberikan kontribusi terhadap pembangunan bangas. Oleh karena itu sekolah sebagai sebuah institusi pendidikan diharapkan mampu untuk memberikan pendidikan berkualitas dengan cara diatur dikelola yang dapat meningkatka kualitas dari sumber daya manusia.

Kriteria dari pendidikan yang berkualitas tidak terlepas dari pengaruh dan factor komponen dalam dunia pendidikan atau sekolah itu sendiri seperti diantaranya para siswa dilihat dari kemampuan dan lingkungnnya, guru-guru, kurikulum dalam pendidikan, sarana dan prasarana pendidikan, proses belajar mengajar, pengelolaan sekolah, monitoring, pengelolaan dana, dan juga hubungan antara sekolah dengan masyarakat. Akan tetapi  pada dasarnya, kriteria dari pendidikan yang berkualitas ini sifatnya komplek. Hal ini disebabkan karena kriteria ini menyangkut banyak sekali variable dimana mereka saling berkaitan satu sama lainnya. Karena hal inilah, sekolah sudah sepantasnya memerlukan pemberdayaan dan pengelolaan yang tepat dan juga sumber daya manusia yang berkualitas sehingga bisa mewujudkan Suatu system pendidikan berkualitas dan mampu memberikan hasil yang sesuai dengan kebutuhan serta tuntutan pihak-pihak yang memiliki kepentingan.